Berita

Belajar Mendongeng Bersama Kak Tony

JAKARTA- Jika kita seorang pengajar atau pendidik, dongeng dapat dijadikan salah satu teknik efektif agar pesan moral yang kita sampaikan dapat dengan mudah diterima anak didik kita, terutama yang masih berusia kanak-kanak. Apalagi jika kegiatan dongeng ini kita adakan di bulan Ramadhan, tentu peserta didik kita yang sedang puasa menjadi ceria jika mendengarkan materi yang kita sampaikan.

Dongeng sendiri merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang sesuatu dan berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik), dan juga menghibur.

Di dalam khazanah Islam, khususnya di Betawi, kita mengenal adanya shohibul hikayat Secara bahasa, shohibul hikayat berarti “yang empunya cerita”. Shohibul Hikayat kemudian menjadi sebuah jenis sastra lisan atau teater tutur yang dibawakan oleh tukang cerita (pencerita), juru cerita atau Juru hikayat. Dalam permulaan cerita atau dalam adegan-adegan cerita baru, seringkali kita mendengar kata-kata bahasa Melayu Klasik.Sumber cerita yang dibawakan oleh sahibul hikayat, diantaranya dari kisah-kisah Persia seperti Seribu Satu Malam, Nurul Laila, dan Alfu Lail wal Lail.

Walaupun kini jenis hiburan dan tontonan sudah sangat beragam dan berbasis digital atau online, namun kegiatan mendongeng tetap memiliki peran penting dan masih memiliki manfaat, terutama untuk anak-anak. Ada beberapa manfaat mendongeng, seperti yang dikutip dari www.id.theasianparent.com, di antaranya: dongeng membantu anak untuk berimajinasi, dongeng menjadi sarana untuk menanamkan etika dan nilai-nilai kehidupan, merangsang minat baca anak, dan menjalin kedekatan orang tua/pengajar terhadap anak.

Karenanya, Klasik Media bekerjasama dengan Zawiyah Jakarta akan mengadakan DIklat Mendongeng untuk Dakwah dan Pendidikan Bersama Kak Tony yang akan diselenggarakan pada hari Ahad, 21 April 2019 jam 08.30 s.d 17.00 WIB di Gedung Zawiyah Jakarta Jl. Budi Harapan No. 40, Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Infaknya Rp. 350 ribu untuk guru, orang tua dan umum. Sedangkan untuk mahasiswa/i Rp. 250 ribu; dengan fasilitas snack, makan siang, makalah dan sertifikat.

Untuk pendaftaran peserta hubungi: 082211250213 atau 083897020014.*** (Admin)

Comment here