Artikel

Masjid Umar Bin Khattab – Madinah

Diantara masjid masjid tua bersejarah yang berada di sebelah barat daya (sebelah timur bagian selatan) Masjid Nabawi, Masjid Umar berada paling selatan. Berturut turut dari utara ke selatan adalah, Masjid Ali Bin Abi Thalib, Masjid Abu Bakar, Masjid Ghamama, Masjid Usman dan Masjid Umar. Masjid masjid tua bersejarah yang pembangunannya terkait erat dengan kehidupan Rosulullah S.A.W dan empat khalifah Khulafaur Rasyidin.

Masjid Umar, terletak lebih kurang 650 meter disebelah barat daya Masjid Nabawi, 10 menit berjalan kaki menurut perhitungan Google Maps. Dahulunya merupakan rumah sahabat Rasulullah SAW, Umar Bin Khatab, yang juga merupakan Khalifah ke dua dalam jajaran Khalafaur Rasyidin, Setelah Khalifah Abu Bakar Siddiq. Masjid ini juga disebut digunakan Rasulullah SAW dan Umar bin Khattab untuk melaksanakan salat Id.

Masjid Umar dibangun pada tahun 850H oleh Shamsuddin Muhammad ibnu Ahmad as-Salawi, dilanjutkan Sultan Mahmoud 11 di 1254 H serta putranya Abdul Majid 1 di tahun 1266 H yang kemudian merenovasi Masjid Umar seperti yang kita lihat saat ini. ukurannya memang tidak terlalu besar apalagi dibandingkan dengan Masjid Nabawi karena memang tujuan pembangunnya adalah untuk mengenang Khalifah Umar bin Khattab.

Masjid ini berbentuk persegi empat, panjang sisinya kira-kira delapan meter. Dibangun dengan batu basal. Bagian dalam masjid dicat dengan wama putih dan dipoles dengan kapur. Masjid ini diberi atap kubah yang tingginya dari dalam kira-kira 12 meter, dihiasi dengan ornamen tanaman yang indah. Mihrabnya berada di tengah dinding selatan masjid. Di samping kanan dan kirinya terdapat dua jendela persegi panjang. Di hadapannya, pada bagian utara, terdapat dua jendela. Di tengah kedua jendela tersebut terdapat jalan masuk.

Uniknya, masjid tersebut terletak diantara dua bangunan menjulang tinggi. Tertutup jaring-jaring hijau, tampak pula tiang-tiang crane. Beton-beton itu merupakan calon bangunan hotel yang hampir jadi.

Ketinggian bangunan yang belum rampung itu menyalip ketinggian menara masjid. Tak banyak yang tahu, masjid yang kini terapit dua hotel itu merupakan Masjid Umar bin Khattab.

Masjid Umar pada 2014 sempat menjadi salah satu dari tiga masjid di Madinah yang akan direstorasi oleh The Saudi Commission for Tourism and Antiquities (SCTA) yang merupakan badan milik pemerintah Saudi untuk barang antik dan turis itu merestorasi beberapa masjid penting sebagai bagian dari mengenalkan sejarah agama.

Presiden SCTA, Prince Sultan bin Salman dikutip dari Arab News mengatakan, masjid-masjid yang direstorasi akan dibuka untuk salat sebagai bagian dari situs warisan urban untuk mengenalkan peran agama dan sejarah di masyarakat.

Diolah dari berbagai sumber

Badrah Uyuni

Comment here